Saat ini banyak para brother kita
bingung menjatuhkan pilihan antara kedua produk Yamaha tersebut. Cukup
dimaklumi mengingat kedua motorsport sama-sama bagus plus rentang
banderol harga yang berdekatan. Atas semua itu saya berinisiatif
memberikan sedikit panduan dan clue supaya hati mantap dan tidak ragu akan kelebihan dan kekurangan kedua motorsport….
Yamaha Byson….produk baru YMKI ini
mempunyai kelebihan dengan penampilan yang gahar. Suspensi depan 41mm
(paling besar ditanah air), ban gambot IRC road winner tubeless, pelk
Enkei depan 2,5 inch belakang 3,5 inch…setara dengan Ninja 250r plus
speedo full digital. Gimana dengan mesin..? Mesinnya sendiri cukup
mumpuni. Walau kubikasi hanya 150cc output power mencapai
13,7ps/7500rpm serta torque 13,6nm/6000rpm lumayan tinggi untuk ukuran
mesin 150cc dimana rata-rata torque hanya berkisar 12,8nm. Gimana
kenyataan dilapangan?…Byson cukup memuaskan jika sampeyan riding secara
santai menikmati perjalanan. Pick up power juga termasuk
jempolan. Klaim pabrikan ternyata bukan isapan jempol belaka. Dengan
ban size besar seperti sekarang biasanya mesin akan kedodoran. Namun
tidak dengan Byson. Bisa dibuktikan ketika dilampu merah…..hijau
menyala, waktu start dengan enteng Byson akan mendahului
motor-motor lain. Secara feeling saya merasakan tenaga Byson cukup
bagus pada kitiran rpm 2000-6000. Tapi untuk rpm diatas itu kemungkinan
besar engine Byson akan kewalahan. Sederhana hal ini akibat bannya yang
terlalu besar buat ukuran kubikasi mesin yang disandangnya. Namun bukan
berarti tidak bisa diperbaharui. Sistem pengabutan karburator malah
akan membawa keuntungan bagi yang doyan otak-atik motor. Keuntungan
lain dengan mesin berkompresi 9.5 :1 masih bersahabat menenggak premium
dibanding sang kakak…Vixion.
Vixion…motorsport injeksi andalan
Yamaha ini memang terkenal kencang secara standart. Sasis deltabox, ban
mungil (membantu engine secara maksimal), body enteng hanya 125kg
(berat isi) bandingkan Byson yang mencapai 136kg, power mesin mumpuni
14,88ps (Byson 13,7ps) merupakan motor paling superior dikelasnya.
Tidak heran dengan segala tehnologi yang ada seperti forged piston,
diasil silinder, 4 valve engine, full injeksi Yamaha Vixion memang
bukan lawan Byson. Bisa saja Byson ngimbangi Vixion ketika tarikan
pertama namun saya yakin tanpa ragu ketika rpm sudah menyentuh diatas
5000 sikebo padang rumput ini akan ketinggalan. Selain kencang vixie
sangat irit. Berdasarkan pengalaman serta berbagai review motorsport
injeksi ini 1 liter rata-rata mampu menempuh 50-55km. Bagaimana dengan
Byson..? walau belum menghitung secara akurat namun secara feeling
Byson lebih boros ketimbang Vixion. Hanya saja dengan kompresi mesin
yang cukup tinggi 10.4:1 wajib bagi brother untuk selalu menggunakan
bensin ron 92…apalagi kalau bukan pertamax. Kelemahan lain akibat
segala tehnologi yang ada mesin Vixie malah lebih sulit dioprek
ketimbang mesin konvensional. Tidak bisa dioversize dan harus beli satu
paket blok mesin ketika ingin memperbesar kubikasi. Belum lagi
penyetelan sistem injeksinya. Sementara tidak bagi Byson. Diyakini
dengan mengganti pelk jari-jari serta ban lebih kecil, CDI racing,
freeflow muffler serta kilikan pada sektor karburator dan blok
silinder, motor ini punya kans untuk kencang. Terus kesimpulannya
bagaimana??…sederhana. Kalau saat ini brother secara standart ingin
motor kencang nggak mau ribet ngoprek lagi, irit….jangan ragu
menjatuhkan pilihan ke Vixion. Sebaliknya jika sampeyan menginginkan
motor gagah dalam hal penampilan tunggangan tanpa melihat sektor mesin
monggo pilih Byson. Karena seandainya brother tanya kencang mana sih
antara Vixion vs. Byson dengan tanpa ragu saya akan bilang….Vixion!
tapi kalau ditanya gagah mana antara keduanya? walau relatif namun
mayoritas akan menjawab..Byson. So semua saya serahkan kebrother
kembali sebagai pengambil keputusan. Semoga tidak malah bikin bingung
hehehe…..
byson 2012 gw sering nembak...ada solusi ga mas bro....???
BalasHapussoal kenyamanan 4jempol dech....!!!!